twitterfacebook

Kamis, 06 Maret 2014

Persiapan Membeli Sugar Glider Bagian 2 - Perlengkapan

Halo sobat sgngalam. Setelah kami kemarin sempat mengulas tentang kebiasaan sugar glider yang harus diketahui oleh sobat sgngalam sebagai persiapan memelihara sugar glider, pada bagian ini kami akan mengulas tentang perlengkapan yang perlu dipersiapkan. Jangan sampai sobat salah membeli atau kekurangan peralatan. Mohon maaf jika beberapa penjelasan item tidak bergambar. Oke berikut penjelasan peralatan yang perlu dipersiapkan.


1. Kandang
Kandang sugar glider yang kami sarankan adalah kandang burung dari besi, yang jarak antar jeruji-nya tidak terlalu lebar sehingga nanti SG bisa kabur. Ukuran kandang relatif, sobat bisa memilih sendiri sesuai dengan kebutuhan dan banyaknya SG yang akan ditampung dalam kandang. Bila bingung, kandang alternatif yaitu dengan memilih kandang hamster dengan tinggi minimal 3 lantai. Carilah ukuran kandang yang relatif nyaman untuk SG sobat nantinya. Karena dikhawatirkan, kandang yang terlalu kecil dan sempit akan membuat SG stress. Bila memelihara satu ekor SG, boleh dengan menggunakan minimal kandang hamster dua atau tiga lantai. Kalau sobat memelihara lebih dari 1 SG dengan umur dewasa (4 Bulan lebih), kandang hamster 3 lantai sudah tidak kami sarankan.
Kandang Hamster 3 lantai
Kandang burung

2. Wadah pakan
Wadah pakan sangat penting, entah nantinya sobat isi dengan makanannya ataupun minumannya. Apapun wadah pakannya dapat sobat pakai. Bila sobat membeli kandang hamster atau kandang burung, sobat akan mendapatkan wadah pakannya juga, nah wadah pakan ini dapat sobat pakai.

3. Ornamen
Ornamen yang dimaksud adalah Hidding pouch. Apa itu Hidding pouch (selanjutnya kami sebut HP), hidding pouch adalah semacam analogi dari sarang sugar glider. Bisa berupa batok kelapa, kain yang berbentuk kantung yang menggantung, atau rumah-rumahan yang anda buat sendiri. Usahakan HP ini harus memiliki fentilasi dan lubang pembuang air seni. Karena bila semisal sobat menggunakan batok kelapa, dan tidak ada bolongan di titik bawah batok kelapa, maka bila SG sobat kencing, airnya akan menggenang. Dapat membuat SG sobat menjadi bau.

4. Pakan
Sobat harus sudah mengetahui apa-apa yang dapat di makan oleh SG dan apa yang tidak. Yang jelas pakan harus ada. Kami tidak akan menjelaskan detail pada ulasan kali ini. Namun akan kami jelaskan pada bagian selanjutnya.

5. Pipet
Mengapa pipet? Bagi sobat yang mau memelihara joey, atau anak sugar glider berusia 1-3 minggu semenjak OOP, sobat harus menyediakan ini. Gunanya adalah untuk menyuapi joey. Karena joey ini masih belum bisa makan sendiri, bila sobat memisahkan induknya sesegera setelah si joey OOP.
Begini caranya
Namun bila sobat punya cara alternatif lain dengan tidak menggunakan pipet, silahkan share dikomentar ulasan ini.

Nah, itulah beberapa item yang kami rekomendasikan harus sobat persiapkan sebelum memelihara sugar glider. Oke, sampai bertemu di ulasan berikutnya. Bye (BY)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak ^_^

 
 
Blogger Templates