twitterfacebook

Jumat, 13 Desember 2013

Ciri Fisik dan Jenis-jenis Sugar Glider (Revisi)

Sama seperti kebanyakan hewan, sugar glider juga memiliki jenis varian yang berbeda-beda. Ada sugar glider yang sangat pasaran, hingga jenis varian yang langka atau jarang dimiliki sebagai pet. Kami akan membahasnya satu persatu, jenis varian sugar glider dan ciri-ciri fisik mereka. Dan artikel ini diambil dari berbagai sumber yang telah kami rangkum.

Ciri Fisik SG

Sugar glider sekilas memiliki penampilan seperti tupai dengan sedikit bulu, dan memiliki tingkah yang hampir sama. Namun jangan terkecoh, perbedaan fisik dan famili sangatlah jauh. Sugar glider bila diperhatikan sangatlah berbeda dari tupai terbang.
Mari kita  lihat sejenak penampakan sugar glider berikut dan tupai terbang.
Sugar glider
Sugar glider
Tupai terbang
Tupai terbang
Bagaimana? Sudahkah menemukan perbedaannya? Sekilas memang terlihat sama, apalagi ketika mereka melakukan gliding. Kebanyakan, tupai terbang dewasa berukuran lebih kecil dari sugar glider dewasa. Dan bentuk bulu ekor sugar glider juga berbeda dari tupai terbang, bulu ekor sugar glider lebih rapih dan pendek dibandingkan tupai terbang. Dan salah satu ciri khas penampilan sugar glider adalah, mereka memiliki garis vertikal kaepala depan bagian atas melintang hingga badan bagian belakang mendekati ekor, atau biasanya sampai menuju ekornya. Namun tidak semua jenis varian sugar glider memilikinya. Tapi setidaknya dengan beberapa ciri-ciri sugar glider diatas sudah dapat dipergunakan untuk membedakan mana sugar glider dan mana yang tupai terbang. Dan anda bisa mulai berhati-hati mulai sekarang ^_^


Sekarang kita akan membahas pembedaan ciri sugar glider jantan dan betina, jangan sampai salah-salah anda memasangkan 2 sugar glider dengan jenis kelamin yang sama. Oke, sekarang perhatikan gambar berikut ini.
Perbedaan
Kiri adalah betina dan kanan adalah jantan
Sugar glider betina memiliki semacam garis halus di perut nya, garis ini bila anda perhatikan adalah sebuah sobekan yang membentuk sebuah kantung. Yup, kantung ini dinamakan pouch, digunakan untuk menyimpan atau mengasuh joey, saat joey sedang dalam masa IP (in pouch). Masa kandungan SG belum diketahui secara pasti, namun setelah beberapa minggu, saat setelah melahirkan, joey akan merangkak menuju pouch indukannya. Nah, inilah kegunaan pouch sama seperti seekor kanguru. Sedangkan sugar glider jantan tidak memiliki pouch, namun memiliki scrotum atau semacam alat kelamin seperti itu yang bentuknya bulat menonjol dan berbulu. Pembedaan antara jantan dan betina sangat mudah dilihat dengan kasat mata.

Jenis Varian Sugar Glider

Classic Gray - Ini adalah sugar glider yang kebanyakan dimiliki sebagai pet. Memiliki ciri berwarna abu-abu terang.

White Face Blonde - ini adalah sugar glider memiliki ciri wajah putih kekuningan atau krim.

Mosaic/ Pinto - ini adalah sugar glider dengan ciri warna yang mixed random.
Leucistic - Ini adalah sugar glider si putih bermata hitam. Memiliki warna mata hitam atau coklat dengan tubuh berwarna putih sekujur tubuh. Terkadang memiliki garis avatar berwarna kuning.
Platinum -  ini adalah sugar glider yang bercirikan berwarna silver terang. Warna mereka terkadang adalah warna dan karakteristik varian lain dengan dominasi silver terang.
White Tip Tail - ini adalah sugar glider yang memiliki ciri warna tidak berbeda dengan yang lainnya, namun berbeda pada bagian ujung ekornya.
Black Beauty - ini adalh sugar glider berwarna abu-abu gelap. Memiliki ciri 


Cremeino - ini adalah sugar glider varian albino. Warna putih berpadukan warna krim garis avatar.

Albino - sugar glider dengan ciri putih dengan mata merah.
Piebald - Jenis varian dari mosaic yang memiliki bintik atau bercak gelap atau terang.
Ruby Leu - Variasi ini unik pewarnaan leucistic adalah sebuah tambahan baru untuk keluarga warna. Ruby leus memiliki leucistic mewarnai dan garnet mata

Sekian untuk pembahasan revisi tentang varian sugar glider, semoga bermanfaat dan terimakasih ^_^. [BY]

Credit : 

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak ^_^

 
 
Blogger Templates