twitterfacebook

Jumat, 13 Desember 2013

Apa itu sugar glider?

Joey
Sugar glider memiliki nama latin petaurus breviceps adalah seekor hewan berukuran kecil, tergolong hewan omnivora dan hewan sejenis arboreal gliding possum. Nama nya mencerminkan sifat nya itu sendiri, yaitu penyuka makanan yang mengandung gula atau manis dan kemampuannya melayang diudara (bukan terbang) seperti tupai terbang. Sugar glider tidak memiliki relasi apapun dengan tupai terbang walalupun hidup dalam jenis lingkungan yang sama dan berpenampilan hampir serupa.


Sugar glider dapat ditemukan di sekitar wilayah timur sampai utara Australia dan Tasmania, Papua New Guinea dan pulau-pulau didekatnya. Sugar glider yang ditemukan di Tasmania pada tahun 1835. Mereka dapat diketemukan hutan manapun yang memiliki suplai makanan yang cocok bagi mereka, tetapi kebanyakan ditemukan pada hutan yang memiliki eucalyptus trees. Sebagai makhluk nocturnal, mereka menghabiskan waktu mereka untuk tidur didalam sarang mereka selama seharian dan aktif bergerak dimalam hari. Selama malam hari, mereka berburu serangga, vertebrata berukaran kecil, dan memakan getah manis dari pepohonan eucalyptus, akasia, dan gum.

Mereka arboreal, dimana menghabiskan sebagian besar waktu mereka di pohon. Ketika mereka menemukan habitat yang cocok, mereka akan terlihat disetiap 1000 meter persegi-nya selama disana terdapat lubang-lubang penampungan bagi sarang mereka. [Sumber : 2013]

Sugar glider memiliki penampilan yang menggemaskan dan lucu. Cocok untuk dijadikan hewan peliharaan eksotis. Karena selain berpenampilan menarik, sugar glider tergolong hewan yang cerdas, dapat mengenali pemiliknya dan bahkan dapat beradaptasi atas sebuah refleksi lingkungan sekitarnya.

Namun jangan bayangkan anda akan diberi keramah tamahan dan kelucuan mereka di alam liar. Bagaimanapun mereka tetap hewan liar saat berada di habitat nya. Anda perlu menjinakannya agar anda dapat bermain-main dengannya. Memerlukan teknik, kesabaran dan ketelitian untuk selalu men-handle sugar glider agar mereka terbiasa dengan anda. Ini bukanlah hal yang membutuhkan waktu yang singkat. Jadi jangan tergiur dengan tawaran harga sugar glider yang murah tetapi hasil tangkapan liar.

Salah satu alternatif untuk menjadikan mereka pet kesayangan adalah dengan memelihara anakan dari sugar glider atau biasa disebut joey. Hal ini jauh lebih mudah mengingat saat masih berumur kurang dari 2 bulan, mereka dapat di-handle lebih mudah. Jadi bagaimana dengan pilihan anda? Ingin memiliki seekor sugar glider? Silahkan hubungi kami. ^_^ [BY]

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak ^_^

 
 
Blogger Templates